Operasi Patroli Satlantas Polres Bontang: 18 Kendaraan Roda Dua dengan Knalpot Brong Ditindak


Jurnalharian.com, Bontang – Satuan Lalu Lintas Polres Bontang melakukan operasi patroli pada Sabtu (3/2/2024) malam dan berhasil menindak 18 kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot brong. Kegiatan patroli ini dipimpin oleh Kapolres Bontang, AKBP Alex Frestian Lumban Tobing, dan berlangsung di Jalan Jenderal Soedirman, tepatnya di simpang tiga traffic light Bukit Indah.

Dalam operasi ini, polisi tidak hanya melakukan penindakan dengan memberikan tilang, tetapi juga menyita tujuh Surat Izin Mengemudi (SIM) dan empat Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Kapolres Bontang, AKBP Alex Frestian Lumban Tobing, menjelaskan bahwa operasi ini merupakan respons terhadap keluhan warga terkait kebisingan knalpot brong di malam hari dan untuk mencegah balap liar. Kasat Lantas Polres Bontang, AKP MD Djauhari, menambahkan bahwa penggunaan knalpot brong bisa dikenai hukuman pidana 1 bulan atau denda maksimal Rp250 ribu sesuai Pasal 285 Ayat 1. Ia juga mengajak komunitas motor dan bengkel-bengkel di Bontang untuk mendukung program Polres dalam mengurangi penggunaan knalpot brong.

“Sosialisasi telah dilakukan kepada berbagai komunitas dan bengkel motor dengan harapan dapat mengubah perilaku masyarakat terkait knalpot kendaraan bermotor,” ungkap Djauhari. Operasi ini merupakan bagian dari upaya Polres Bontang untuk mencapai status “zero knalpot brong” sesuai dengan regulasi tahun 2009 yang mengatur standar knalpot. (adv)

 

Berita Terkait



© 2024 jurnalharian.com. All Rights Reserved. Design by Velocity Developer.
Top