Provinsi Kalimantan Timur Gelar Penanaman 1000 Bibit Mangrove di Hari Lahan Basah


Jurnalharian.com, Provinsi Kalimantan Timur melakukan penanaman 1000 bibit mangrove sebagai bagian dari peringatan Hari Lahan Basah dan sebagai tindak lanjut Surat Edaran Sekretaris Jenderal KLHK tentang Penanaman Pohon Serentak. Acara ini dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Mahfudz, dan berlangsung di Kecamatan Muara Jawa, Desa Muara Jawa Ilir, pada Rabu (7/2/2024).

Dalam acara tersebut, dihadiri oleh Pj Gubernur Kaltim yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah, Diddy Rusdiansyah Anan Dani, Sekretaris Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Ayu Dewi Utari, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Samsun, dan Camat Muara Jawa Safruddin. Turut hadir juga pihak-pihak terkait seperti BPDAS Kaltim, Kapolsek Muara Jawa, Danramil Muara Jawa, dan kelompok tani Muara Jawa Ilir.

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun, menyambut baik kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan oleh Sekretaris Jenderal KLHK. Menurutnya, aktivitas seperti ini harus terus dilakukan dan dikembangkan untuk penghijauan dan pengurangan abrasi. “Karena jika tidak dilakukan, pantai-pantai kita dapat mengalami abrasi. Ini juga penting untuk pertumbuhan biota di Muara Jawa,” ucap Samsun.

Samsun berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan populasi biota laut seperti ikan, kepiting, dan udang di daerah Muara Jawa. “Hal ini tentu akan memberikan manfaat bagi warga, menjaga wilayah darat dan lingkungan, serta memberikan banyak manfaat,” tutup Samsun. (adv)

Berita Terkait



© 2024 jurnalharian.com. All Rights Reserved. Design by Velocity Developer.
Top