Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur Mendorong Penanggulangan Bullying di Sekolah


Jurnalharian.com, Balikpapan, 10 Maret 2024 – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur, Puji Setyowati, mengungkapkan keprihatinannya terkait kasus bullying yang terjadi di sekolah-sekolah di wilayah tersebut. Beliau menyoroti pentingnya upaya bersama dari semua elemen masyarakat untuk menanggulangi masalah kekerasan di lingkungan pendidikan, seperti yang baru-baru ini terjadi di sebuah SMP di Balikpapan.

Menurut Puji Setyowati, diperlukan pendekatan menyeluruh untuk mengatasi kasus bullying di sekolah dan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan positif. Beliau juga menekankan pentingnya sosialisasi terkait Peraturan Daerah (Perda) Kaltim tentang ketahanan keluarga sebagai upaya pencegahan bullying di sekolah.

“Sosialisasi ini harus melibatkan semua lapisan masyarakat, mulai dari orang tua, guru, hingga pelajar, agar tercipta kesadaran yang tinggi tentang pentingnya lingkungan pendidikan yang harmonis,” ujar Puji Setyowati.

Sebagai anggota Fraksi Demokrat, Puji Setyowati merasa memiliki tanggung jawab sebagai bagian dari masyarakat yang peduli terhadap pembinaan karakter generasi muda. Ia mengajak semua pihak untuk bekerja sama lintas sektor dan lintas lapisan dalam mengatasi masalah bullying di sekolah.

“Sosialisasi Perda Kaltim tentang ketahanan keluarga harus menjadi awal dari pembentukan kesadaran bersama tentang pentingnya lingkungan pendidikan yang aman, inklusif, dan bermartabat,” tandasnya.

Puji Setyowati berharap ada tindakan nyata untuk menghapus bullying di sekolah-sekolah dan mengajak semua pihak, termasuk pemerintah, pendidik, dan orang tua, untuk bersinergi dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan positif para pelajar. (adv)

Berita Terkait



© 2024 jurnalharian.com. All Rights Reserved. Design by Velocity Developer.
Top