Presiden Joko Widodo Resmikan Terminal AKAP Samarinda Seberang Pasca-Transformasi


Jurnalharian.com, Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Tipe A Samarinda Seberang mengalami transformasi signifikan dan berhasil diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada Rabu (28/2/2024). Acara peresmian turut dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, dan Walikota Samarinda Andi Harun.

Dalam acara tersebut, Presiden Joko Widodo menyoroti peningkatan sarana dan prasarana terminal sebagai bagian dari program prioritas pemerintah, dengan tujuan meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum dan mengurangi kemacetan di perkotaan. Transformasi terminal melibatkan penambahan ruang dan gedung baru, serta penataan areal warung yang lebih baik, menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan nyaman bagi para pengguna.

Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Sapto Setyo Pramono, menyampaikan harapannya agar fasilitas yang telah ditingkatkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Ia juga menekankan pentingnya perawatan dan keamanan fasilitas untuk kenyamanan pengguna.

Pramono menjelaskan bahwa peningkatan ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengatasi permasalahan kemacetan di perkotaan. Ia menyoroti pentingnya pemeliharaan moda transportasi umum yang berkualitas, yang diyakini dapat meningkatkan minat masyarakat untuk memilih transportasi umum sebagai sarana perjalanan.

Dalam konteks pembangunan di daerah, Sapto Setyo Pramono menyatakan bahwa kehadiran Presiden Joko Widodo dalam peresmian ini menunjukkan keseriusan pemerintah pusat terhadap pembangunan di daerah, khususnya di kawasan penyangga IKN. Ia menekankan perlunya sinergi antara pemerintah provinsi, daerah, dan pemerintah pusat melalui kementerian terkait, dengan harapan pembangunan terminal di seluruh Kaltim dapat terus ditingkatkan secara bertahap.(adv)

 

Berita Terkait



© 2024 jurnalharian.com. All Rights Reserved. Design by Velocity Developer.
Top