Penanaman Pohon Serempak Tahun 2024 di Sepaku, Kaltim: Komitmen untuk Hijaukan IKN dan Kaltim


Pada tanggal 14 Januari 2024, Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur, Muhammad Samsun, turut hadir dalam acara Penanaman Pohon Serempak Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif nasional yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Acara penanaman pohon di Provinsi Kaltim dipimpin oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong, dan berlangsung di lokasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Muhammad Samsun, dalam sambutannya, menekankan pentingnya menjaga dan menghijaukan wilayah Kaltim, terutama di kawasan IKN yang akan menjadi pusat Indonesia ke depannya. Ia menyuarakan konsep forest city untuk mendukung pembangunan IKN dan menekankan perlunya penanaman kembali pohon dan rehabilitasi lahan yang hijau.

Selain penanaman pohon-pohon produktif seperti Lai, Durian, dan tanaman khas Kalimantan seperti Ulin dan Bengkirai, Muhammad Samsun mengajak untuk melibatkan tanaman endemik Kalimantan dalam kegiatan reboisasi. Penanaman bibit tanaman ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap ekosistem dan kesehatan lingkungan di wilayah tersebut.

Dengan partisipasi dalam acara ini, Muhammad Samsun berkomitmen untuk terus mendukung upaya-upaya pelestarian lingkungan dan penanaman kembali hutan di wilayah Kaltim, sejalan dengan visi pembangunan berkelanjutan. Kegiatan penanaman pohon serempak ini menjadi langkah nyata dalam menjaga keberlanjutan alam dan menciptakan lingkungan yang sehat dan lestari. (adv)

Berita Terkait



© 2024 jurnalharian.com. All Rights Reserved. Design by Velocity Developer.
Top