Ketua Komisi II DPRD Kaltim Ajak Generasi Muda Melek Politik


JurnalHarian.com, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Nidya Listiyono, mengajak generasi muda untuk meningkatkan pemahaman politik. Menurutnya, pemahaman dan kesadaran politik yang kuat sangat penting di era demokrasi modern saat ini.

Nidya menggarisbawahi pengaruh besar politik dalam penentuan kebijakan publik yang memengaruhi kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, ia menekankan bahwa pemahaman politik tidak boleh diabaikan. Bagi Nidya, melek politik sejak dini memungkinkan individu memahami peran mereka dalam sistem politik, mengidentifikasi kepentingan pribadi dan sosial, serta berkontribusi pada proses pembuatan keputusan.

Menurut Nidya, penting bagi generasi muda memahami arti sebenarnya dari politik. Ia menyampaikan, “Anak muda, generasi-generasi muda itu harus paham politik. Harus melek politik supaya mengerti bahwa politik ini bagian dari kita sehari-hari.”

Nidya juga menyoroti pentingnya menggunakan media sosial sebagai alat untuk meningkatkan pemahaman politik generasi muda. Sejalan dengan kecenderungan generasi muda yang lebih aktif di dunia maya, media sosial dianggap sebagai sarana yang efektif untuk menyampaikan informasi. Keberadaan media online dan komunitas juga dianggap membantu dalam sosialisasi, dengan tempat-tempat seperti cafe dan mal dianggap sebagai lokasi yang efektif untuk berkumpul dan berdiskusi.

Nidya berharap agar semua pihak dapat berperan aktif dalam menyebarkan informasi terkait pemahaman politik, membantu menciptakan masyarakat yang lebih melek politik.(adv)

Berita Terkait



© 2024 jurnalharian.com. All Rights Reserved. Design by Velocity Developer.
Top