Komisi II DPRD Kaltim Gelar RDP dengan Dinas Pertanian


Jurnalharian.com, Samarinda, 1 Februari 2024 – Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Timur mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Kaltim. Rapat ini berlangsung di Ruang Rapat Gedung E lantai 1 Kantor DPRD Kaltim pada Kamis (01/02/2024) dan bertujuan untuk membahas Program Kerja Strategis Sektor Pertanian Tahun 2024.

RDP dipimpin oleh Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kaltim, Sapto Setyo Pramono, dan dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Kaltim, Rini Susilawati, beserta staf dan jajarannya.

Dalam rapat, Sapto Setyo Pramono mengungkapkan kebutuhan untuk melakukan sinkronisasi data terutama terkait turunnya hasil produksi pertanian di Kaltim. Jika penurunan produksi disebabkan oleh musim kemarau dan kurangnya pasokan air, perlu dicari solusi, seperti menggunakan sumur bor sebagai sumber air baku untuk lahan pertanian.

Sapto Setyo Pramono juga menyoroti kebiasaan masyarakat yang tidak mengikuti tata kelola sektor pertanian yang benar, sehingga produksi menjadi terbatas. Selain itu, kurangnya sosialisasi ke masyarakat membuat mereka terus menerus menggunakan metode pengelolaan pertanian yang tradisional.

Dalam upaya meningkatkan kualitas data, Sapto Setyo Pramono mengusulkan pembuatan single data identity untuk sektor pertanian. Ia juga meminta revitalisasi irigasi lahan pertanian dan merencanakan rapat koordinasi melibatkan Badan Pusat Statistik, Dinas Pekerjaan Umum (PU), dan dinas terkait lainnya.

Rapat ini menjadi langkah awal dalam menyelaraskan langkah-langkah strategis untuk mendukung sektor pertanian di Kalimantan Timur pada tahun 2024. (adv)

Berita Terkait



© 2024 jurnalharian.com. All Rights Reserved. Design by Velocity Developer.
Top