Apel Siaga Pemilu Serentak 2024 di Kaltim: Menjaga Integritas dan Sukseskan Pemilu


Jurnalharian.com, Mewakili Ketua DPRD Kaltim, Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji, menghadiri dan ikut serta dalam Apel Siaga pengawasan masa tenang dan pemungutan suara pada pemilu serentak tahun 2024. Acara ini diselenggarakan di halaman GOR Kadrie Oening Sempaja Samarinda pada Jumat (9/2).

Kegiatan ini digagas oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kaltim sebagai bagian dari pengawasan tahapan pemilu tahun 2024, dengan tema “Pengawas Pemilu Berintegritas Untuk Pemilu Berkualitas”.

Apel Siaga dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kaltim, Hari Dermanto, dan diikuti oleh unsur forkompimda Kaltim, perwakilan partai politik, calon anggota DPD dari dapil Kaltim, serta peserta pengawas pemilu dari setiap kecamatan di Kota Samarinda.

Setelah Apel Siaga, acara dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi damai pemilu serentak 2024 oleh unsur forkopimda Kaltim, penyelenggara pemilu, partai politik peserta pemilu, calon anggota DPD RI, dan tim sukses calon presiden dan wakil presiden.

Seno Aji menyatakan bahwa apel siaga ini merupakan persiapan menjelang masa tenang, dan dia merasa bahwa langkah ini sangat tepat yang telah dilakukan oleh Bawaslu dan Gakkumdu untuk menciptakan suasana damai dan tenang di Kaltim.

Dia juga menyebutkan bahwa tingkat kerawanan di Kaltim telah mengalami penurunan signifikan, dari peringkat 5 turun menjadi peringkat 27. Hal ini perlu disosialisasikan di seluruh Kalimantan Timur untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada peserta pemilu.

Hari Dermanto menjelaskan bahwa peran pengawas pemilu pada masa kampanye terakhir dan masa tenang hingga pemungutan suara sangat penting, karena integritas proses pemilu akan dinilai berdasarkan hal tersebut.

Selama kampanye, telah tercatat 7.120 kegiatan yang diawasi dengan hanya 22 dugaan pelanggaran pemilu, menunjukkan bahwa pengawasan kampanye berjalan baik. Dermanto juga menegaskan pentingnya menjaga integritas selama pemungutan dan penghitungan suara berlangsung. (adv)

Berita Terkait



© 2024 jurnalharian.com. All Rights Reserved. Design by Velocity Developer.
Top